RPP Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

NamaSekolah              : SMA

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : X / 1

Pokok Bahasan            : Persamaan Kuadrat

Alokasi Waktu            : 1  40 menit

  1. Standar Kompetensi

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

  1. Kompetensi Dasar

Peserta didik dapat menyelesaikanpersamaan kuadrat dengan berbagai rumus.

  1. Indikator

Menentukan persamaan kuadrat dengan berbagai rumus.

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui kelompok diskusi peserta didik dapat menentukan persamaan kuadrat dengan berbagai rumus.

  1. Materi Pembelajaran

Persamaan Kuadrat

  1. Metode dan Model Pembelajaran

Metode Pembelajaran      : Menerangkan, tanya jawab, pemberian tugas secara kelompok

Model Pembelajaran        :kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

  1. Pelaksanaan Pembelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

Pendahuluan :

  1. Guru mengucapkan salam.
  2. Guru mengecek kehadiran siswa.
  3. Guru memotivasi siswa supaya aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

5 menit

Kegiatan Inti :

  1. Guru menjelaskan cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi, melengkapi kuadrat sempurna, dan menggunakan kuadrat sempurna.
  2. Guru membentuk kelompok kecil beranggotakan 2-6 peserta didik, dengan kepandaian yang berbeda-beda
  3. Peserta didik menyelesaikan lembar kerja yang diberikan guru secara mandiri (Thinking)
  4. Setelah mengerjakan sendiri, peserta didik diminta mendiskusikan dengan pasangannya (Pairing)
  5. Guru meminta peserta didik berkelompok mendiskusikan hasil pekerjaannya (Sharing)
  6. Guru meminta masing-masing kelompok mengerjakan di papan tulis
  7. Guru meminta peserta didik menjelaskan jawaban masing – masing
  8. Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik

30 menit

Penutup :

  1. Guru memberikan PR
  2. Guru menutup pelajaran dan mengakhiri dengan salam

5 menit

  1. Alat dan Sumber Belajar

Alat/Media           : laptop, LCD, papan tulis, spidol, dan LKS.

Sumber                 : – BSE Matematika SMA Kelas X

– Buku Matematika SMA Kelas X A Erlangga

  1. Penilaian

Teknik                   : Tugas kelompok.

Bentuk instrumen : Jawaban tertulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s